RSS
email

Memilih Harddisk Yang Tepat

foto berita artikel

Jika Anda berniat untuk membangun sebuah computer, menginstal sebuah system baru dan harddisk, atau hanya ingin extra space penyimpanan, mungkin Anda membutuhkan tips berikut ini untuk memilih harddisk yang tepat untuk computer Anda.

Size
Sudah berapa lama Anda memiliki drive tersebut, dan berapa space yang Anda gunakan? Jika Anda memiliki kecepatan drive mekanik harddisk 7,200 RPM, dan kapasitas 500GB hingga 1TB, maka drive tersebut dapat menyediakan jumlah storage dengan price yang bagus. Jika mendapatkan 10,000 RPM, maka Anda akan mendapatkan space kurang sedikit. Jika Anda membeli solid state, Anda mungkin hanya memiliki ruang untuk system operasi dan program atau file penting.


Internal VS External
Drive internal lebih mahal, namun lebih cepat. Sedangkan untuk external mudah dipindahkan di mana saja dan kebanyakan hibungkan ke PC via USB.

Connector
Lihatlah ke dalam computer dan cari tipe connector yang Anda butuhkan. Untuk Kabel SATA, lebih lembut dan lebar setengah inch. Sedangkan kabel ATA atau IDE mirip seperti ribbon dan lebar 2 inch. Jika Anda membutuhkan kedua tipe, beilah kabel SATA.

Speed
Hampir semua drive memiliki kecepatan spin 7,200 RPM. Sebuah drive yang berkecepatan 10,000 RP mampu menyediakan dorongan kecepatan hampir 39%, namun lebih mahal, dan memiliki space yang lebih sedikit, dan biasanya berisik. Sedangkan speed dari solid state disk lebih kepada kehedak Anda untuk membayar, karena harga SSD lebih mahal dan lebih cepat dibandingkan dengan drive berkecepatan 10,000 RPM.

Mechanical vs. Solid State
Selama ini yang biasa dipakai selama banyak decade adalah mechanical, sementara solid state masih dalam perkembangan ke masa depan. Dengan adanya harddisk yang memiliki segi mekanikal, maka Anda akan mendapatkan space yang lebih banyak, speed yang konsisten, dan harga lebih murah. Sementara untuk SSD (Solid State Disk), maka Anda akan mendapatkan kecepatan lebih, tidak mudah panas, tidak ada noise. Hal yang buruk untuk SSD adalah disk yang murah untuk menulis di disk dapat merusaka system, dan membuat disk menjadi tidak kompatibel dengan system.


Bookmark and Share

1 comments:

Anonymous said...

Saya hanyalah karyawan salah satu Bank Swasta di Jakarta Barat. Diawal Februari 2008 lalu saya pernah menemukan masalah. Sore hari, laptop Toshiba saya tiba-tiba hang. Seperti biasanya saya segera matikan lantas saya restart ulang. Biasanya mau lagi berjalan normal. Tetapi sekarang ini sepertinya lain, hanya tampilan ‘blue screen’ dengan tulisan aneh, dan saya pun tidak tahu artinya. Lantas saya copot hardisknya untuk di-copy ke PC, dengan memakai external case SATA, saya colokkan beberapaka kali ke PC dan Laptop. Ternyata hasilnya sama saja & ada bunyi kletak-kletek. Takut ada apa-apa, saya tidak berani otak-atik lagi.Atau menuruti semua tips dari internet. Karena semua tips itu belum pasti alias belum ada jaminan data-data saya pasti akan selamat! Mungkin saja kondisi hardisk justru makin parah atau tidak dapat diselamatkan lagi!

Dari pada ambil resiko. Akhirnya saya coba membawa ke tempat yang lebih professional dan dipercaya, yaitu layanan recovery data di daerah Harco Elektonik Mangga 2. Seperti biasa, saya menunggu beberapa hari. Tetapi saya sempat kaget, ternyata mereka telah gagal menyelamatkan data saya dengan alasan bahwa kerusakan pada piringan hardisk saya sudah parah dan datanya banyak yang rusak, katanya disknya juga banyak tergores. Saya pun mengambil harddisk SATA Seagate Momentus saya dan mencoba merecover lagi ke tempat lain. Ternyata sama.Mereka gagal. Beberapa tempat saya coba, sama saya terakhir saya coba lagi antar ke daerah bilangan Jl.Setia Budi Sudirman. Ternyata hasilnya sama saja. Padahal mereka mengaku-ngaku yang terbaik di Jakarta.

Entahlah saya hampir putus asa. Saya bingung sekali harus kemana lagi saya antar harddisk saya agar dapat diselamatkan data – data penting di dalamnya. Saya juga hampir putus asa. Akhirnya saya coba mencari di Internet, di salah satu iklan gratis tampa daftar, saya menemukan Everesta Media yang situsnya www.everezta.com dan saya coba telpon dulu. Mereka meminta saya diminta mengantar harddisknya ke tempat mereka di daerah Lenteng Agung. Akan tetapi kalau diambil oleh mereka , akan dikenakan biaya, yaitu untuk biaya pengecekan dan transportasi, yaitu sebesar tujuh puluh lima ribu rupiah. Dari pada repot – repot pikir saya, karena juga saya juga agak sibuk waktu itu. Saya meminta mereka segera datang mengambil ke alamat kantor saya. Saya pun harus sabar lagi menunggu jawaban dari pihak mereka.

Keesokan harinya saya ditelpon pihak mereka / Everesta Media, walau sempat tidak percaya. Mereka menelpon kepada saya, kalau harddisk SATA saya dapat diselamatkan mereka, katanya keberhasilan minimal 80% bukan 100% lagi dan waktunya agak lama minimal satu minggu, alasannya bahwa kerusakan harddisk saya sudah sangat parah secara fisik (katanya tidak terdetek BIOS dan banyak sekali BAD SECTOR) untung saja belum dibongkar mangkoknya. Mereka langsung saja mengajukan biaya sebesar 5 juta rupiah yang cukup mengejutkan saya. Alangkah kagetnya saya, mahal sekali padahal tidak seperti di tempat – tempat lain jauh lebih murah! Karena mahalnya saya bingung sekali sempat saya mau membatalkan. Saya juga coba tawar harganya. Tetap saja mereka tidak mau agar biayanya lebih murah, dengan alas an kerusakannya sangat berat : bunyi “knocking down” ; kadang-kadang/sering minta F1 dengan pesan secondary/primary disk failure”. Katanya, kalau kasus standar dan belum pernah dibongkar dan diutak-atik dengan cara apapun. Akan jauh lebih murah, yaitu cuma Rp. 350.000,- sampai 1,5 juta rupiah. Karena terpaksa. Pikir saya, harus kemana lagi saya coba merecover data – data penting saya dengan harga jauh lebih murah, sementara nyaris semua, sebagaian besar mereka telah menyerah tak sanggup/ gagal. Akhirnaya mau-tak mau, saya harus menyetujui untuk membawar 5 juta rupiah, asalkan data-data saya benar – benar telah berhasil diselamatkan.

Setelah menunggu kurang lebih seminggu, akhirnya mereka (pihak Everesta Media), menelpon lagi kepada saya, memberitahu sudah selesai data saya diselamatkan, diminta saya membuka e-mail saya, karena laporan datanya sudah dikirim. Segera saya cek e-mail saya, ternyata benar data saya sudah ada semua. Kesesokan harinya, mereka akan antar data-datanya ke kantor saya siang hari. Diminta juga, saya segera menyiapkan pembayarannya secara tunai 5 juta rupiah. Saya tidak mau rugi, saya harus cek lagi lebih detail apakah benar – benar data saya sudah ada. Saya mencoba mengingat satu – persatu data – data penting saya awalu sebagian besar saya sudah tak ingat lagi satu persatu. Ternyata benar, mereka telah berhasil menyelamatkan data-data saya. Tak terkecuali photo-photo anak saya waktu lahir. Hebat juga Everesta Media, walaupun biaya recovery datanya cukup mahal tidak seperti di tempat-tempat lain yang pernah saya tanya. Walaupun begitu, sebenarnya saya cukup puas dengan harga 5 juta rupiah, karena pihak Everesta Media berhasil menyelamatkan data-data penting saya bahkan yang sudah dihapus sekalipun. Ataukah pihak http://www.everezta.com yang tempatnya tidak meyakinkan itu adalah sedang beruntung ketika itu? coba saja dulu oleh anda, baru percaya. Entahlah kenapa, sementara di tempat lain sudah gagal / menyerah. Ruli; Mohon maaf lagi ya , bukan bermaksud untuk membuat yang lain marah atau tersinggung, hanya sekedar tukar pengalaman semoga berguna. Terima Kasih.Serpong (29-2).

Post a Comment

leave comments..!!