RSS
email

Satelit untuk Komunikasi Masa Depan

foto berita artikel Kemajuan teknologi komunikasi yang begitu cepat telah membawa banyak kemudahan komunikasi bagi masyarakat dunia. Kini masyarakat telah mempunya seribu satu cara untuk tetap saling terhubung dan bertukar data satu sama lain. Beragam cara komunikasi melalui kabel maupun nirkabel kini ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan operator komunikasi. Berbagai macam satelit pun telah dikembangkan untuk mendukung operasional komunikasi ini.

Jika pada tahun 1962 AT&T Telstar telah mengorbitkan satelit komunikasi pertamanya, kini setelah beberapa puluh tahun kemudian telah berkembang setidaknya empat macam satelit yang akan meramaikan ’angkasa’ komunikasi di dunia. Jenis sateli pertama adalah satelit yang biasa dipergunakan untuk keperluan siaran broadcast televisi.

Sedangkan satelit jenis yang kedua adalah satelit yang dipergunakan untuk keperluan GPS (Global Positioning System) yang hingga kini total telah memakai sekitar 24 satelit di dunia dengan prinsip kerja menggunakan konsep triangulasi. GPS sendiri sebenarnya merupakan sebuah pengembangan teknologi yang telah sukses diaplikasikan oleh militer Amerika Serikat selama lebih dari tiga dekade terakhir.

Satelit jenis ketiga adalah satelit yang dirancang untuk melakukan pelayanan keperluan telepon seluler dan beragam jenis layanannya dengan cara menggunakan transmisi satelit sebagai pengganti transmisi microwave antar negara. Ide dasar dari satelit komunikasi ini adalah untuk mengatasi keterbatasan station microwave di bumi. Satelit komunikasi ini berfungsi sebagai station relay microwave yang mengorbit di sekitar bumi.

Jenis satelit berikutnya merupakan jaringan satelit kecepatan tinggi yang berorbit rendah sehingga memungkinkan para pengguna di bumi melakukan proses pertukaran data dengan lebih cepat. Satelit ini menjadi sangat penting untuk dikembangkan, mengingat masih banyak masyarakat kita yang belum terjangkau layanan Internet kecepatan tinggi, TV kabel dan berbagai pengembangan teknologi Internet satelit lainnya. Dengan pengembangan teknologi satelit ini pula, akan memungkinkan kita untuk mengirimkan dan menerima paket data maupun suara melalui telepon dengan kecepatan setara dengan Internet Broadband.

Bookmark and Share

4 comments:

Fariz-Next said...

Moga - moga aja masa depan kalau telpon gak pake' HP lagi..!!
hahaa,,

Post a Comment

leave comments..!!