RSS
email

Fitur baru Google, SearchWiki

Google akan segera meluncurkan sebuah feature terbaru pencariannya, SearchWiki, untuk setiap pengguna account Google. Feature terbaru Google ini telah diujicobakan kepada beberapa pengguna secara acak, selama beberapa bulan. SearchWiki dari Google ini memungkinkan pengguna untuk melakukan penggeseran, penambahan catatan, sampai menghapus hasil catatan sesuai dengan keinginan mereka.

Google mengharapkan dengan feature pencarian terbarunya ini, akan mengukuhkan Google sebagai raksasa pemimpin dalam bisnis Search Engine. ”Kelebihan dari feature ini adalah memberikan control kepada user atas hasil pencarian yang mereka lakukan”, ujar Product Manager Google SearchWiki Cedric Dupont kepada CNET. Dengan WikiSearch ini, user dapat melakukan aktifitas pencarian dan melakukan perubahan-perubahan terhadap hasil pencarian, seperti menghapus hasil pencarian yang kurang dikehendakinya, meninggalkan comment ataupun membaca comment dari user lain, ataupun sekedar melihat apa yang telah ditambahkan ataupun dihapus user pada halaman lainnya.

”Kami masih sangat terbuka terhadap segala masukkan untuk proses evaluasi WikiSearch ini”, tambah Dupont. Saat ini bisnis pencarian di Internet sendiri telah berkembang menjadi sebuah media yang melibatkan partisipasi user dalam skala besar. Kini tidak hanya sekedar hasil pencarian yang diinginkan user, namun dengan cara kostumisasi, user dapat memberitahu Search Engine, hasil pencarian seperti apa yang mereka inginkan dengan lebih spesifik.

Secara teori, Google diramalkan tidak akan banyak menemui kendala dalam pengembangan sistem kostumisasi pencarian untuk WikiSearch-nya ini, karena Google sendiri dipastikan telah banyak mempunyai data user Internet secara global untuk menganalisis dan mengembangkan pola pencarian dan preferensi user dalam penggunaan Search Engine selama ini.


Bookmark and Share

0 comments:

Post a Comment

leave comments..!!