RSS
email

Facebook Connect vs Google Friend Connect


Berita Facebook dan Google telah merilis layanan user-ID yang baru, yang memudahkan user untuk menyimpan log-in mereka dan menyebarkannya ke beberpa situs lainnya. Google Friend Connect, kini telah keluar dalam versi beta, dan dapat digunakan oleh user untuk menambah tool jejaring social ke website mereka. Perusahaan pencarian terbesar tersebut mengatakan bahwa Google Friend Coonect hanyalah seperti potongan beberapa bit kode biasa dan tidak perlu adanya coding tingkat tinggi ataupun kemamapuan teknis coding.

Friend Connect juga didesain untuk account-agnostic, memperbolehkan user untuk log-in dengan account yang dimilikinya dari Google, Yahoo, AOL, atau OpenID, dan situs online lainnya termasuk Plaxo dan Google Orkut. “Tujuan utama diciptakannya Google Friend Connect adalah sebagai fasilitas sebuah open social web. Dengan menggunakan standard OpenID dan OAuth, maka akan membuat interaksi user dengan user lain di website lainnya akan menjadi simple. Website yang menggunakan Friend Connect akan menjadi container OpenSocial yang dapat menjalankan aplikasi yang dibuat oleh komunitas pengembang OpenSocial.

Sementara itu, sebagai layanan Google, pengguna Facebook Connect dapat mengakses website yang berbeda menggunakan satu log-in, yang berarti user tidak harus membuat account baru jika mereka pindah ke website lain di Internet. System Friend Connect akan memudahkan user untuk memberikan pengalaman sama seperti Facebook ke website lain, membuat link antar user dan menambah fitur dari Web 2.0.

“Sebagai contoh, user dapat menggunakan Faceook Connect dengan me-review website Citysearch User dapat log-in menggunakan account Facebook, dan dari sana user dapat berinteraksi dengan semua teman di Facebook mereka. User juga dapat melihat informasi profil yang sama seperti yang ada di Facebook, yang dikontrol penuh di bagian setting privacy. Dengan Facebook Connect, maka akan memudahkan user untuk share dan connect dengan teman di banyak website.“ kata chief executive Facebook, Mark Zuckerberg.



Bookmark and Share

2 comments:

Anonymous said...

tanpa judul niih????? :)

Anonymous said...

@ned: pake' kok
cuman tadi slah posting aja..

Post a Comment

leave comments..!!